Langsung ke konten utama

Perencanaan Pengolahan Makanan


KOMPETENSI DASAR
3.1.  Memahami perencanaan usaha pengolahan makanan khas asli daerah  (orisinil) dari  bahan pangan nabati dan hewani   meliputi  ide peluang usaha, sumber daya, administrasi dan pemasaran
4.1. Membuat perencanaan usaha pengolahan makanan khas asli daerah (orisinil) dari bahan pangan nabati dan hewani    meliputi  ide peluang usaha, sumber daya, administrasi dan pemasaran

LINGKUP MATERI
}  Ide Dan Peluang Usaha
}  Analisa Peluang Usaha
}  Sumber Daya Yang Di Butuhkan
}  Administrasi Dan Pemasaran
}  Komponen Perencanaan Usaha


Ide Dan Peluang Usaha
}  Ide bisnis didapat dari inspirasi
} Inspirasi didapat dari kesulitan yang datang bertubi-tubi, dimana banyak orang yang mungkin tidak mendapatkan solusi untuk pemecahannya namun sebaliknya akan menyebabkan peluang bagi orang yang bisa membaca situasi tersebut sebagai peluang bisnis atau peluang usaha.
}  Peluang usaha yang dimaksud adalah peluang usaha yang prospektif sehingga bisnis yang dijalankan dapat menjadi sebuah industri.
Ada 3 teori yang bisa digunakan untuk mendapatkan peluang;
1.     Teori Ketidaksempurnaan
}  Berasal dari ketidakpuasan melihat hal-hal yang sudah mapan sehingga akan mendorong untuk mencoba ide baru,
}  tidak ada kata puas karena merasa belum sempurna.
}  Rasa puas yang didapat akan menghentikan proses perubahan, pertumbuhan dan perkembangan.

2.     Teori Berfikir Kreatif
}  Berawal dari posisi yang berbeda yang menyebabkan pandangan orang terhadap sesuatu pun menjadi berbeda sehingga muncul perbedaan pikiran.
}  Perbedaan pikiran yang tidak mengikuti pola pikir atau kebiasaan yang rutin akan menyebabkan seseorang ingin selalu bekerja keras dan tidak mudah puas.
}  Selalu bertanya mengapa dan berpikir tidak ada yang tidak mungkin, tidak mau sebagai subyek namun sebagai obyek.
}  Pengetahuan 1 %, Imagination 99%.

3.     Teori Inovasi
}  Menjadikan hal yang tidak mungkin menjadi mungkin,
}  memikirkan dan melakukan sesuatu yang baru yang bertujuan untuk menambah atau menciptakan nilai manfaat dari benda yang sudah ada.

Analisa Peluang Usaha
}  Analisa kebutuhan pasar
Anda memiliki konsep(rencana), namun sebelum memulai konsep tersebut, Anda harus tahu apakah konsep Anda memenuhi syarat kebutuhan pasar. Contoh konsep jasa pengetikan, target pelajar, mahasiswa.
}  Analisa kebutuhan materi
Jika konsep usaha Anda sudah tepat dengan kebutuhan pasar. Apakah Materi dari usaha Anda dapat diperoleh dengan mudah, mencakup bahan baku, tempat, harga, dll.
}  Analisa keberlanjutan usaha
Syarat a dan b sudah terpenuhi, namun Anda harus merancang dan memperkirakan apakah ke depan usaha yang kita jalankan akan berjalan dengan lancar atau perlu inovasi.
}  Analisa persaingan
Setiap usaha tidak lepas dari persaingan sehingga dengan adanya persaingan kita dapat menentukan harga jual, menentukan fasilitas dan pelayanan, menambahkan inovasi baru dalam usaha.
}  Analisa pendapatan dan pengembangan
Setiap usaha tentunya yang ingin dituju adalah pendapatan. Sehingga harus diperkirakan BEP yang akan didapat pada pendapatan ke berapa.
}  Analisa pengembangan usaha.

Sumber Daya Yang Dibutuhkan Untuk Melakukan Kegiatan Produksi
}  Pengelolaan sumber daya usaha dikenal dengan istilah 6M + 1I,  yakni Man (manusia), Money (uang), Material (bahan), Machine (peralatan), Method (cara kerja) dan Market (pasar).
}  Ditambah Information.
}  MAN (manusia)
Dalam pendekatan ekonomi, sumber daya manusia adalah salah satu faktor produksi selain tanah, modal, dan keterampilan. Pandangan yang menyamakan manusia dengan faktor-faktor produksi lainnya dianggap tidak tepat baik dilihat dari konsepsi, filsafat, maupun moral. Manusia merupakan unsur manajemen yang penting dalam mencapai tujuan perusahaan.
}  MONEY (uang)
Money atau uang merupakan salah satu unsur yang tidak dapat diabaikan. Uang merupakan alat tukar & alat pengukur nilai.
}  MATERIAL (bahan)
Perusahaan umumnya tidak menghasilkan sendiri bahan mentah yang dibutuhkan tersebut, melainkan membeli dari pihak lain.
}  MACHINE (peralatan)
Mesin mulai memegang peranan penting dalam proses produksi setelah terjadinya revolusi industri dengan ditemukannya mesin uap sehingga banyak pekerjaan manusia yang digantikan oleh mesin.
}  METHOD (cara kerja)
Metode kerja sangat dibutuhkan agar mekanisme kerja berjalan efektif dan efisien.
}  MARKET (pasar)
Memasarkan produk sudah barang tentu sangat penting sebab bila barang yang diproduksi tidak laku, maka proses produksi barang akan berhenti.
}  INFORMATION
Informasi sangat dibutuhkan agar hasil dari suatu hal dikerjakan dapat lebih sempurna. Suatu proses pekerjaan tidak akan berkembang dengan baik jika tidak bisa menerima dan menyaring informasi dari luar.

Administrasi Dan Pemasaran
}  Administrasi Pemasaran (Marketing) terdiri atas
Organisasi,
Tata usaha( Sistem Informasi), dan
Management Marketing.
}  Administrasi Marketing dijalankan oleh
Manager marketing atau Markeing Manager.
}  Sales Promotion
Orang yang mengenalkan produk baru ke masyarakat.
}  Distribution
Bidang keahlian dan kegiatan untuk mendekatkan barang-barang kita (commodities, merchandise ) sedekat-dekatnya dan di tempatkan secara semenarik-menariknya kepada para warga masyarakat.
}  Sales
Bidang keahlian dan kegiatan yang bertujuan pokok membuat proses, prosedur, atau tata cara jual beli begitu cepat, gampang, meyenangkan dan effisien sehingga orang-orang (pembeli) yang sebenarnya sudah mau membeli di tempat dan barang merk lain tanpa dirasa tahu-tahu pindah membeli barang dagangan kita.

 Komponen Perencanaan Usaha
1.     Konsep Bisnis
}  Konsep bisnis
}  merupakan ide bisnis tertulis yang berisi Visi misi sebuah bisnis, dan nilai produk atau jasa yang akan diberikan kepada pelanggan.
}  Konsep bisnis juga menjelaskan mengapa pelaku usaha menawarkan produk atau jasannya.

2.     Pasar
}  Analisa mengenai situasi pasar
}  meliputi target pasar, pesaing, proses distribusi, promosi, dan sebagainya.
}  Dalam hal ini perlu dibuat sebuah rencana yang matang yang menjabarkan rencana pemasaran yang akan dijalankan dalam rangka memenangkan persaingan, dan mencapai target yang telah ditentukan.

3.     Keuangan
}  Analisa dan strategi keuangan sangat penting dalam menyusun rencana bisnis guna memberikan gambaran sistematis terhadap langkah-langkah yang akan diambil untuk mencapai keuntungan yang diharapkan.

Komentar

  1. What Is The Difference Between Casino And No Deposit PA?
    Pennsylvania sports 바카라 betting sites are live in nearly half 바카라 사이트 유니88 the states with 바카라 no deposit and no หารายได้เสริม deposit. 개집 왕 Pennsylvania's casinos use the same software.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sistem Pengolahan Makanan

LINGKUP MATERI 1. Jenis dan karakteristik bahan dan alat Pengolahan 2. M acam-macam makanan khas daerah 3. Teknik Pengolahan dan Pengawetan 4. Tahapan proses Pengolahan dan Pengawetan 5. Teknik penyajian dan pengemasan † Bahan pangan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang penting. Seiring dengan pertumbuhan penduduk, industri pangan pun makin meningkat. Tidak heran jika industri pangan, terutama industri berskala kecil makin bermunculan untuk memenuhi permintaan tersebut. Untuk memenuhi kebutuhan industri pangan, kita harus mengetahui tentang bahan pangan tersebut. † Umumnya, bahan pangan berasal dari dua sumber, yaitu bahan pangan nabati dan bahan pangan hewani. Ä Bahan pangan nabati adalah bahan makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, seperti: sayur sayuran, buah-buahan, umbi-umbian, dan serealia. Ä Bahan pangan hewani adalah bahan makanan yang berasal dari hewan, seperti: telur ,ayam, daging, ikan, dan susu. Pengertian Makanan Khas Da...

Pengolahan Makanan Khas Daerah

PERENCANAAN USAHA PENGOLAHAN MAKANAN KHAS DAERAH YANG DIMODIFIKASI Setiap daerah mempunyai makanan khas yang menjadi bagian dari cirri khas daerah tersebut dan dapat menjadi bagian dari daya tarik untuk pariwisata selain kekayaan   alam dan kesenian. Makanan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari nilai jual pariwisata suatu daerah, baik sebagai makanan khas yang dinikmati di tempat, maupun sebagai oleh-oleh yang dibawa pulang.   Gambar 1. Bubur Manado   Gambar 2. Rendang Padang Makanan khas daerah masih dapat dikembangkan, baik kuantitas maupun kualitasnya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat, juga untuk dijual ke daerah lain dan / atau wisatawan / pendatang. Beberapa terobosan dapat dilakukan untuk meningkatkan citra makanan khas daerah, antara lain : Penunjukkan suatu produk khas menjadi ikon daerah tersebut, Aturan untuk mewajibkan hotel / penginapan menyajikan welcome drink dengan minuman khas daerah tersebut. Pembuata...